Fish

Sabtu, 19 Maret 2011

TEKNIK DESINFEKSI

Keberhasilan suatu usaha budidaya ikan tidak terlepas dari masalah penyakit dan parasit ikan. Meskipun jarang terjadi pada kolam-kolam yang terawat dengan baik, wabah penyakit dan parasit yang menyerang ikan dapat menimbulkan kerugian besar bagi petani ikan karena sering menyebabkan kematian ikan secara massal.
Sebenarnya kerugian yang timbul karena adanya serangan penyakit dan parasit dapat dihindari dengan pengelolaan koiam secara baik. Ada pun teknik yang telah di pelajari untuk membersihkan wadah sebelum pemeliharaan dengan cara Teknik desinfeksi ini yang bertujuan agar parasit, virus maupun bakteri yang terdapat dalam wadah budidaya yang akan kita gunakan hilang atau mati. Pada teknik desinfeksi ini digunakan bahan kimia/desinfektan berupa formalin dan klorin (dosis: ) dengan langkah-langkah atau prosedur sebagai berikut.
 Langkah yang pertama dilakukan yaitu bak atau wadah budidaya yang akan kita gunakan diukur terlebih dahulu untuk mengetahui jumlah volume air dalam wadah tersebut.
 Bak atau wadah dibersihkan dengan menggunakan deterjen, kemudian dibilas kembali menggunakan air sampai buih busa deterjen hilang. Pembersihan dengan menggunakan deterjen ini bertujuan agar bakteri dan parasit yang bersifat patogen dapat hilang.
 Bak atau wadah tersebut kemudian disikat dengan menggunakan sikat sampai bersih, kemudian dibilas kembali menggunakan air sampai bersih.
 Setelah dilakukan pembilasan, wadah dikeringkan dan wadah diberi larutan kapur.
 Wadah diisi air sampai mencapai ketinggian 40 cm dan diaerasi sampai penebaran dilakukan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar