CARA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DARI IKAN HIAS

Beraneka ragam jenis ikan hias yang tersebar di dunia. Yang cara pemeliharaannya pun juga berbeda. Segi keindahan atau sisi artistik dari berbagai jenis ikan hias tentunya berbeda, seperi dapat dilihat dari warnanya atau bentuknya. Oleh karena itu, parameter yang menentukan kualitas ikan sias pun tak hanya dapat dilihat dari satu aspek saja.
Secara umum, kualitas ikan hias dapat ditentukkan oleh kualitas air pemeliharaannya itu sendiri. Kualitas air yang baik akan menentukkan keadaan dan kondisi ikan sehingga berujung pada kualitas ikan hias. Faktor kimia seperti DO, pH, alkalinitas, salinitas, dan yang lainnya berpengaruh pada kelangsungan hidup, pertumbuhan, juga perkembangan ikan secara umum. Namun, ada lagi faktor fisik seperti kekeruhan. Kekeruhan akan mempengaruhi aspek warna pada ikan hias.
Selain kualitas air, faktor lain yang juga ikut berpengaruh adalah pakan. Aspek warna sangat akan sangat dipengaruhi oleh kandungan bahan atau zat dalam pakan. Makanan yang mengandung zat untuk pigmen tertentu dapat membuat warna tidak luntur dan mematangkan warna. Caratin memperkuat warna merah pada ikan koi. Jika terlalu banyak, akan membuat warna putih pada ikan menjadi kekuningan. Spirullina juga memperkuat warna merah, tapi sedikit mempengaruhi warna putih.
Pada ikan rainbow, warna merah dapat ditimbulkan dari pemberian pakan yang mengandung sumber karotenoid. Sumber karotenoid ini terdapat pada tepung kepala udang. Bila pemberian dosis tepung itu tinggi, warna merah pada ikan rainbow pun tambah cerah. Astaxanthin karotenin ini merupakan salah satu molekul yang ada pada ikan, salah satunya pada kepala udang. Maka, para pembudidaya suka memberikan paka udang rebon pada ikannya.
OLEH : Nita Siti Farida
J3W409003

Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN PRAKTIKUM IKAN HIAS

DAFTAR BAHAN-BAHAN YANG DIGUNAKAN SAAT BUDIDAYA UDANG

TEKNIK DESINFEKSI