Percaya Diri Bantu Atasi Stres

ATHENA, KOMPAS.com — Apakah Anda kerap mengalami stres akibat beban pekerjaan yang berat atau tekanan dari lingkungan? Motivator Indah Morgan menawarkan salah satu solusinya buat Anda. Salah satu jalan keluar dari stres adalah dengan menumbuhkan rasa kepercayaan diri.

Indah, ibu dari tiga anak yang bersuamikan Dr Stephen Morgan, Associate Professor Nottingham University, itu menegaskan, seseorang harus berani mengambil risiko sehingga pada akhirnya membuahkan rasa percaya diri.

"Tidak ada yang lebih bermanfaat dalam menumbuhkan rasa percaya diri layaknya mendorong diri sendiri keluar dari zona nyaman," ujarnya di hadapan para diplomat Indonesia dalam suatu acara seminar di gedung KBRI Athena, Kamis (3/3/2011) malam.

Menurut guru pada pelatihan bahasa Inggris di KBRI London tersebut, tindakan ini juga berfungsi untuk mengurangi rasa takut terhadap hal-hal yang belum pernah dikerjakan sebelumnya. Dengan demikian akan timbul rasa percaya diri yang luar biasa.

Ia juga menyarankan untuk banyak bergaul dengan orang-orang yang memiliki rasa percaya diri tinggi dan berpikiran positif. Menurutnya, faktor lingkungan akan memberikan pengaruh yang besar pada seseorang.

"Jika kita terus-menerus berbaur dengan orang yang memiliki rasa rendah diri, pengeluh, dan pesimis, maka seberapa besar pun percaya diri yang kita miliki, perlahan tapi pasti akan pudar dan terseret mengikuti lingkungan kita," ujarnya.

Sebaliknya, lanjut Indah, jika kita dikelilingi orang-orang yang penuh kebahagiaan dan percaya diri, maka akan tercipta pula atmosfer positif yang membawa keuntungan bagi diri kita dan produktivitas.

Seminar ini juga diikuti oleh masyarakat Indonesia yang tergabung dalam Ikatan Kerukunan Keluarga Indonesia di Yunani (IKKIY). Acara yang diadakan secara nonformal ini menurut Dubes RI Athena Ahmad Rusdi diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kemampuan para diplomat Indonesia yang kadang kala mendapat tekanan cukup tinggi.

Dalam kesempatan itu juga diperagakan cara menangani stres dalam upaya meningkatkan percaya diri. Hal tersebut antara lain melalui terapi tertawa, pernapasan, dan relaksasi.

Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN PRAKTIKUM IKAN HIAS

DAFTAR BAHAN-BAHAN YANG DIGUNAKAN SAAT BUDIDAYA UDANG

ARTEMIA