KOMUNIKASI VERBAL

Nita Siti Farida
J3W409003
P3 IKN

1. Contoh Penerapan Setiap Konsep yang Dipelajari dalam “Komunikasi Verbal.”
Saat kuliah, saya berkomunikasi dengan teman yang berasal dari Bogor menggunakan Bahasa Sunda. Walaupun kita sama-sama menggunakan Bahasa Sunda, namun cara berbahasa, logat, tingkat kehalusan, dan pembendaharaan katanya pun berbeda. Pesan yang ingin disampaikan berupa pesan lisan dan makna yang ingin disampaikan terkadang tidak sesuai antar pelaku. Sehingga dalam komunikasi ini mempunyai hambatan yang berupa orientasi intensional, potong kompas, dan indiskriminasi (orang Bogor tidak dapat menggunakan bahasa Sunda dengan baik).
2. Hubungan Berdasarkan Konsep
Hubungan positif terhadap penyuluhan yaitu: dapat terjadi interaksi dalam penyampaian materi penyuluhan bila bahasa yang digunakan sama dan makna yang ingin disampaikan dapat dipahami.
Hubungan negatif terhadap penyuluhan yaitu: tidak semua bahasa yang kita gunakan mempunyai makna yang sama pula dengan yang dimaksudkan oleh petani dan tidak semua bahasa dapat dicerna oleh petani (kata-kata/ istilah-istilah yang digunakan dalam bidang pertanian tidak dapat seluruhnya dialihbahasakan kedalam bahasa daerah/ bahasa yang sering kita gunakan, karena itu adalah bahasa teknologi atau keilmuan). “tidak semua bahasa teknologi dapat dialihbahasakan kedalam bahasa daerah dan hanya sedikit yang dapat dicerna petani.”

Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN PRAKTIKUM IKAN HIAS

DAFTAR BAHAN-BAHAN YANG DIGUNAKAN SAAT BUDIDAYA UDANG

ARTEMIA