HALLO PERIKANAN GARUT

Bismillaahirrahmaanirrahiim ...

Assalamu'alaikum teman-teman pembaca yang budiman dan insyallah selalu berfikir positif di setiap langkah dan helaan nafasnya.

Kali ini, saya akan sedikit mengulas mengenai bidang yang saya geluti semenjak menginjak bangku kuliah sampai saat ini, yaitu perikanan. Untuk kali ini saya ingin menyinggung masalah perikanan budidaya. Sederhananya, bagi masyarakat awam yang belum mengenal lebih jauh mengenai perikanan saya akan kupas sedikit.

Perikanan yang kita kenal tidak melulu mengenai penangkapan ikan di laut, *yang dulu banyak digembor gemborkan oleh Menteri Kelautan Perikanan periode lalu yaitu Bu Susi. Perikanan pun bukan hanya sekedar melihara ikan nila atau mas. Jauh lebih luas daripada cakupan itu. Ada perikanan tangkap ada perikanan budidaya. Lah apalagi itu ya ???

Kegiatan penebaran ikan di Situ SKJ Kec. Leuwigoong Kab. Garut
Pict by : Dinas Perikanan dan Peternakan Kab. Garut

Perikanan tangkap mencakup kegiatan perikanan yang dilakukan di perairan umum, nantinya meliputi kegiatan penangkapan yang dilakukan nelayan. Oh, jadi yang di pesisir pantai dan nelayan nangkap di laut gitu? ,,, iya iya. Tapi tolong jangan lupakan statement saya mengenai "perairan umum". Perairan umum disana bukan hanya laut loh. Bisa danau, situ, sungai, atau apapun lah yang biasa orang menangkap ikan disana dan bersifat umum atau lahan tersebut bukan kepemilikan pribadi. Sebagai contoh di Situ Bagendit pun banyak nelayan di sana yang menangkap ikan air tawar untuk kemudian di jual. Sekilas lah ya untuk perikanan tangkap, kalau ada pertanyaan cukup nanti komen di bawah :)



Lanjootttt ...


Perikanan Budidaya,

Menarik ini, hehe ... Karena dari dulu bergelut di sini. Perikanan budidaya itu luas lho !!! Ada budidaya air tawar, payau, atau laut. Masuk kemana dulu ya kita enaknya nih bahasannya. Mari satu per satu kita kupas lah ya, tapi sebelumnya kita telaah dulu tujuan budidaya ikan ini.


Arti budidaya menurut KBBI :
budi daya/bu·di da·ya/ n usaha yang bermanfaat dan memberi hasil: -- udang perlu ditingkatkan untuk menghasilkan devisa;
underline : Usaha yang memberikan hasil


jadi, budidaya ikan adalah usaha yang dilakukan dalam bidang perikanan apapun itu "pembenihan (mijahkeun lauk binihna dijual), pendederan (ngadederken), ataupun pembesaran (miara lauk nepi ka gede) yang nantinya menghasilkan atau menguntungkan untuk pihak pembudidaya.


Tidak hanya itu, Budidaya ikan pun tujuannya adalah untuk tidak memutus ketersediaan atau stok ikan di lingkungan perikanan. Mengapa, karena produksi yang dilakukan terus diperbaharui, bukan hanya menangkap tanpa menanam. Tapi keterampilan pembudidaya untuk memisahkan bibit ikan atau pemilihan/sortir benih yang nantinya akan menjadi induk dan dibudidayakan kembali (dianakeun deui). Itulah ya sekilas dan hanya sedikit saja mengenai Budidaya Perikanan.

Nah, Budidaya ikan ini bisa dilakukan di media air tawar, payau, atau laut. Maksudnya??? Ya tergantung jenis ikannya. Kalau ikan air tawar dibudidaya di kolam air tawar dan jenisnya juga misal ikan nila, mas, nilem, lele, tambakan, bawal tawaar, gurame, dan masih banyak lagi. Untuk budidaya ikan air payau misalnya budidaya udang. Dan untuk budidaya ikan laut misalnya kerapu, kakap, bawal laut, dan masih banyak juga yang lain.


Mari kita kerucutkan lagi pada kegiatan budidaya ikan air tawar yang dilakukan oleh warga perikanan Kabupaten Garut. Kenapa Garut ??? Karena saya adalah salah satu warga Garut. hehehe , maaf ya agak garing. Ya, intinya berdasar fakta di lapangan yang sering dijumpai di Garut ternyata masih banyak yang berbudidaya ikan dengan teknik yang masih sangat tradisional. Oleh sebab itu, media online yang sangat pesat perkembangannya ini, saya manfaatkan untuk menyebarkan sedikit informasi terkait ilmu budidaya ikan *dalam hal ini ikan air tawar dulu ya, apalagi untuk pemula. Masih banyak pembudidaya ikan yang belum tau padat tebar dengan luasan dan perhitungan keuntungan nantinya. 


Ternyata, setelah di telusuri ada web yang bisa untuk simulasi budidaya ikan. Walaupun belum semua ikan air tawar, tapi setidaknya dapat mewakili rasa penasaran para pemula yang berminat atau penasaran tentang cara budaidaya ikannya. 


Disana bisa disimulasikan antara kebutuhan benih ikan dan pakan.

Untuk yang sudah berbudidaya juga dan penasaran bisa di klik pertanyaan dan masukan nantinya. Saya disini bertindak sebagai agen penyampai berita sih intinya, bahwa ada lho situs untuk mensimulasikan kalo kita pengen budidaya ikan. hihi, intinya itu guyss :) ...

Siapapun kapanpun dapat mengaksesnya. Insyaallah bermanfaat

Sekian dulu ya cuap cuap nya, insyaallah kita kupas sedikit demi sedikit mengenai dunia perikanan.

Tingkyu, semoga bermanfaat.
Bila ada pertanyaan bisa di komen sajah para readers.
Sehat selalu ya semua
Wassalam

Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN PRAKTIKUM IKAN HIAS

ARTEMIA

DAFTAR BAHAN-BAHAN YANG DIGUNAKAN SAAT BUDIDAYA UDANG